KUNJUNGAN MAHASISWA HAMBURG UNIVERSITY JERMAN KE PERPUSTAKAAN BPNB KALBAR

                                                     

                                                                                                               

 

Staf perpustakaan didampingi Any Rahmayani SS dan Yusri Darmadi SS selaku peneliti sejarah di Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat kembali menerima kunjungan mahasiswa dari Hamburg University Jerman, pada hari Jumat, 16 Maret 2018 bertempat di ruangan perpustakaan Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat.

Tujuan kunjungan ini, mereka sedang melakukan studi lapangan dan ingin berdiskusi mengenai buku-buku serta sejarah dan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya Kalimantan Barat baik itu etnis Melayu, Dayak dan Cina. Kedua mahasiswa tersebut yakni Carina Lang dan Leon Benhard yang didampingi oleh Bapak Nur Iskandar dan Ibu Dwi Syafriyanti, banyak sekali mendapatkan informasi yang disampaikan oleh peneliti sejarah BPNB diantaranya mengenai sejarah Pontianak, sejarah mengenai komunisme, pelarangan buku-buku yang tidak disukai pemerintah dan sebagainya.

Tidak lupa mereka mendapatkan juga informasi mengenai koleksi yang dimiliki perpustakaan BPNB baik itu berupa buku, jurnal, naskah kuno, majalah. Sebagai pusat informasi sejarah dan budaya, Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat sering mendapatkan rujukan untuk berbagi informasi seputar sejarah dan budaya khususnya Kalimantan Barat. Sebagai kenang-kenangan, Any Rahmayani SS dan Yusri Darmadi SS memberikan buku hasil penelitian mereka dengan judul Tanaman Niaga di Borneo Barat Pada Awal Abad Ke-20 (Studi Tentang Karet dan Kelapa) serta Diaspora Masyarakat Cina di Sampit Pada 1874 Sampai 1942.