Peneliti Bank Indonesia Melakukan Penelusuran Sejarah Ekonomi Kalbar di Perpustakaan BPNB

Pontianak –  Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat sebagai pusat informasi sejarah dan budaya Kalimantan  sering menjadi rujukan para peneliti dari beragam instansi untuk mendapatkan informasi seputar sejarah dan budaya Kalimantan – khususnya Kalimantan Barat. Salah satunya adalah para peneliti dari Bank Indonesia. Pada hari senin, 05 Februari 2018, tiga orang peneliti dari Bank Indonesia yaitu Usep Sukarya, Mirza Ardi Wibawa serta Sintya Aprina melakukan kunjungan ke perpustakaan BPNB Kalbar. Mereka diterima oleh para petugas perpustakaan yang didampingi oleh Any Rahmayani, S.S selaku peneliti sejarah di BPNB Kalbar.    

Kunjungan pihak BI ke perpustakaan BPNB Kalbar dimaksudkan untuk mendapatkan informasi seputar sejarah ekonomi Kalimantan Barat dimana informasi tersebut akan digunakan sebagai data dukung penulisan sejarah Bank Indonesia. Dalam kunjungan ini mereka mendapatkan informasi diantaranya mengenai gambaran perekonomian masa colonial dan masa kerajaan, hubungan antara Pontianak dengan Singapura serta informasi mengenai pelibatan multi etnis dalam pembangunan Pontianak sejak masa pemerintahan Sultan Abdurahman yaitu dengan melibatkan etnis China dan Bugis untuk bersama membangun Pontianak.

Sebagai pusat informasi,  diharapkan buku, naskah, jurnal, majalah yang menjadi koleksi perpustakaan BPNB dapat menjadi sumber rujukan bagi para pihak yang membutuhkan data dukung seputar sejarah dan budaya Kalimantan. Adm.