Katalog Buku Kalimantan Barat

Menampilkan 1 - 16 dari 566
  • CERITA RAKYAT KABUPATEN KAYONG UTARA Bagian 1

    Penyusunan cerita ini dalam bentuk fiksi realita. Beberapa nama tempat sengaja disebutkan, agar dapat merasa lebih dekat sesuai isi cerita. Dan sengaja dikemas sesederhana mungkin agar bisa dibaca semua tingkatan umur.

  • GUA NEK TAKON KUMPULAN CERITA RAKYAT SUKADANA

    Cerita rakyat adalah sastra lisan yang hidup dan berkembang didalam masyarakat penuturnya. Cerita rakyat merupakan warisan nenek moyang yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan, kebudayaan, dan ajaran-ajaran tentang kehidupan.

  • RUMAH LANTING DI SUNGAI KAPUAS KOTA SINTANG STUDI TENTANG ADAPTASI SOSIAL

    Sampai tahun 1980-an, di pinggir sungai-sungai besar di Kalimantan masih terdapat banyak Rumah Lanting dengan berbagai aktivitas penghuninya, seperti mandi, memasak, berdagang, dan sebagainya.

  • JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA HANDEP VOL. 1 NO. 1, DESEMBER 2017

    Jurnal Handep Volume 1 Nomor 1, Desember 2017 ini memuat 5 (lima) artikel yang berkenaan dengan sejarah, budaya, dan kearifan lokal. Adapun ke-5 (lima) artikel tersebut meliputi :

  • "NIEUW BRUSSEL" DI KALIMANTAN : PERAN STRATEGIS SUKADANA PADA ABAD KE-19

    Sejarah Maritim khususnya perdagangan di Sukadana pada abad ke-19 dapat dijelaskan dalam beberapa tahapan.

  • SAPRAHAN ADAT BUDAYA MELAYU SAMBAS

    Dalam kehidupan masyarakat Melayu Sambas, Saprahan merupakan adat tradisi kebiasaan turun temurun dalam menghidangkan makanan yang dilakukan sehari-hari dirumah tangga terutama di desa-desa.

  • DARA SEKUMANG  & BUJANG SEKOLIN ANTOLOGI CERITA RAKYAT

    Antologi ini merupakan kumpulan pemenang Sayembara Penulisan Cerita Rakyat yang diadakan Balai Bahasa Kalimantan Barat Tahun 2017. Antologi ini merupakan kumpulan pemenang Sayembara Penulisan Cerita Rakyat yang diadakan Balai Bahasa Kalimantan Barat Tahun 2017.

  • SEBELAS PERINTIS KEMERDEKAAN INDONESIA DARI KALIMANTAN BARAT

     

  • CERITA RAKYAT KABUPATEN KAYONG UTARA BAGIAN 1

    Buku ini merupakan himpunan cerita rakyat Kayong Utara. Cerita ini merupakan rangkuman dari berbagai kisah nyata yang melegenda di Tanah Kayong (Kayong Utara). Penyusunan cerita ini dalam bentuk fiksi realita.

  • SHAYKH AHMAD KHATIB SAMBAS  SUFI DAN ULAMA BESAR DIKENAL DUNIA (1803 - 1875)

    Ahmad Khatib Sambas (1803-1875) adalah seorang alim dan sufi besar yang dikenal luas, khususnya di dunia Melayu. Ia menguasai berbagai cabang disiplin Islam meski ia dikenal sebagai sufi.

  • SEJARAH SINGKAT KERAJAAN TANJUNGPURA DAN KERAJAAN-KERAJAAN YANG ASAL-USULNYA DARI KERAJAAN TANJUNGPURA

    Sejarah Kalimantan Barat pada umumnya berlatar belakang cerita rakyat. Namun cerita rakyat tak kurang pentingnya, karena bersumber dari mereka yang benar mengalaminya.

  • KUMPULAN CERITA RAKYAT KALIMANTAN BARAT

    Dari berbagai khazanah yang terpendam, terdapatlah pula berbagai Cerita Rakyat yang memberikan tauladan pendidikan yang baik, masih dalam cerita lisan.

  • PERANAN NILAI BUDAYA MASYARAKAT DAYAK DESA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN ALAM (STUDI LAPANGAN DI DESA ENSAID PANJANG, KEC. KELAM PERMAI, KAB. SINTANG)

    Penduduk Desa Ensaid Panjang mayoritas dihuni oleh Suku Dayak Desa yang beragama Katolik dan Protestan, disamping itu juga masih menjalankan kepercayaan tradisional sebagai suatu kepercayaan yang telah diwarisi secara turun temurun.

  • PERANAN BALALE DALAM ERA GLOBALISASI DI KECAMATAN MENJALIN, KABUPATEN PONTIANAK  (SUATU TINJAUAN BUDAYA LOKAL)

    Balale merupakan suatu kelompok kerja yang dilakukan secara bergantian diantara anggota kelompok. Aktivitas semacam ini dibentuk melaksanakan pekerjaan tertentu dan didalam hal ini khususnya dilaksanakan pada pekerjaan berladang.

  • BULETIN NO.9 TAHUN 2012

    Buletin No. 9 Tahun 2012 berisi tentang kegiatan-kegiatan UPT. Museum Provinsi Kalimantan Barat. Ada 4 (empat) artikel yang ditulis oleh peneliti budaya dan pengamat pendidikan,  yaitu :

  • ALE ALE SUMBER REZEKI

    Buku Sarana Belajar Kerjakan Sendiri berjudul Ale Ale Sumber Rezeki merupakan salah satu hasil Latihan Pembuatan Sarana Belajar Kerjakan Sendiri yang diselenggarakan dari tanggal 22 s/d 28 April 1988 di Pontianak.