Katalog Buku Nanggroe Aceh Darussalam

Menampilkan 1 - 16 dari 195
  • INVENTARISASI KAIN TRADISIONAL KERAWANG GAYO

    Masyarakat Gayo memiliki berbagai kebudayaan dan kondisi alam yang sangat indah. Keberagaman budaya yang dihasilkan sangat beragam yaitu mulai dari upacara tradisional dan seni budaya lainnya.

  • SEJARAH PERKEMBANGAN MUHAMMADIYAH DI ACEH

    Muhammadiyah pada awal kehadirannya di Aceh dikenal mempunyai suatu ciri khas tersendiri yaitu dengan terlibatnya organisasi ini dalam bidang politik.

  • CULTURAL INFORMATION SERIES NO. 49 / 2015 : PEUMULIA JAMEE THE TRADITION OF WELCOMING GUESTS IN ACEH

    "Peumulia Jamee Adat Geutanyoe," this is a famous saying in Aceh, particularly in Banda Aceh. Since Peumulia Jamee is a fundamental tradition for Aceh as a tourist destination, in this case, tourists are also called "guests" by the people of the visited region.

  • SERI INFORMASI KESEJARAHAN NO. 46 / 2015 :  ULEEBALANG DARI KESULTANAN HINGGA REVOLUSI SOSIAL (1514 - 1946)

    Uleebalang adalah yang dipertuan di negerinya masing-masing dan merupakan kepala wilayah par excellence. Mereka disebut raja (dalam bahasa aceh bermakna kepala dari daerah masing-masing, baik secara nyata maupun kiasan.

  • SERI INFORMASI KESEJARAHAN NO. 47/2015 : REUNCONG PUSAKA TRADISIONAL MASYARAKAT ACEH (SOUVENIR INDAH DAN MAGIC)

    Ketika rakyat Aceh melawan penjajahan, selain menggunakan meriam dan senjata api, juga menggunakan senjata-senjata tradisional seperti reuncong.

  • SUWA JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA VOL 20 NOMOR 2 DESEMBER 2015

    Jurnal SUWA Vol 20 No 2 ini memuat beberapa artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan aspek kesejarahan dan nilai budaya. Artikel-artikel tersebut merupakan pancaran dari kearifan sejarah dan budaya masyarakat, baik di Aceh maupun Sumatera Utara. Beberapa artikel yang dimaksud, sbb :

  • SUWA JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA VOLUME 20 NOMOR 1 JUNI 2015

    Jurnal Suwa kali ini menampilkan 6 artikel hasil penelitian tentang sejarah dan nilai tradisional. Keenam artikel tersebut merupakan nilai dan pandangan lokal yang bersifat bijaksana dan penuh kearifan sejarah dan budaya.

  • SERI INFORMASI BUDAYA NO. 13/2007 : UROE GANTOE PADA MASYARAKAT ACEH

    Uroe gantoe dalam kenyataan berbeda dengan jenis pasar harian biasa. Ia diadakan seminggu sekali, pada tempat dan waktu yang sudah tertentu. Uroe gantoe mempunyai bentuk, norma-norma, dan sistem tertentu yang tampak berbeda dengan pasar harian biasa.

  • SERI INFORMASI SEJARAH NO. 21/2010 : TUGU PESAWAT MAIMUN SALEH BUKTI SEJARAH PENERBANGAN DI ACEH                                             

    Maimun saleh merupakan penerbang pertama Aceh. Pembangunan Tugu Maimun saleh yang ada di Simpang Aneuk Galong adalah bukti terhadap kejayaan penerbang pertama ini untuk masuk dan menyelesaikan pendidikannya di sekolah penerbangan.

  • SERI INFORMASI SEJARAH NO. 40/2014 : TUAK DAN KOMUNITAS REMAJA TITI PANJANG                                             

    Tuak disamping memiliki dampak positif, ternyata juga memiliki dampak negatif apabila dikonsumsi secara berlebihan. Di Tanjungbalai, tuak menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari komunitas remaja Titi Panjang.

  • SERI INFORMASI KEBUDAYAAN NO. 36/2013 : TRADISI SUNAT RASUL PADA MASYARAKAT SUKU SINGKIL

    Sunat Rasul yang sampai saat ini terus dilaksanakan secara turun-temurun pada masyarakat Suku Singkil, utamanya mereka yang memiliki anak lelaki yang akan menyongsong masa akhil balighnya merupakan sebuah tradisi yang dianggap sebagai sebuah kewajiban.

  • SERI INFORMASI SEJARAH NO. 31/2012 : TEUNGKU H. MUHAMMAD KRUENG KALEE

    Sejarah Aceh merupakan bagian dari sejarah Islam atau sejarah umat Islam di Asia Tenggara. Sejarah umat Islam di Aceh dimulai berabad-abad yang lalu, semenjak Islam dibawa dan diterima sedikit demi sedikit di Aceh dan seluruh Nusantara.

  • SERI INFORMASI SEJARAH NO. 37/2013 : TEUKU NYAK ARIF PEJUANG ACEH TIGA ZAMAN

    Teuku Nyak Arif adalah seorang anak bangsa Indonesia yang cerdas, kritis dan bertanggung jawab. Beberapa perjuangannya memperlihatkan anti kepada penjajahan bangsanya, hingga beliau diangkat sebagai Residen pertama di daerah Aceh.

  • SERI INFORMASI SEJARAH NO. 37/2013 : TEUKU NYAK ARIF PEJUANG ACEH TIGA ZAMAN

    Teuku Nyak Arif adalah seorang anak bangsa Indonesia yang cerdas, kritis dan bertanggung jawab. Beberapa perjuangannya memperlihatkan anti kepada penjajahan bangsanya, hingga beliau diangkat sebagai Residen pertama di daerah Aceh.

  • SUWA JURNAL SEJARAH DAN NILAI TRADISIONAL NOMOR 18 TAHUN 2014

    Suwa nomor 18 edisi 2014 menyajikan tujuh buah karya tulis ilmiah hasil kajian dari para peneliti Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh dan juga peneliti dari luar yang senantiasa peka terhadap dinamika sejarah dan budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat yang berjalan dengan sangat

  • SUWA JURNAL SEJARAH DAN NILAI TRADISIONAL NOMOR 17 TAHUN 2013

    Suwa nomor 17 tahun 2013 menampilkan tujuh artikel hasil penelitian tentang sejarah dan budaya, terutama di wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh. Sudah saatnya budaya sebagai roh dalam jiwa pembangunan manusia seutuhnya.