Katalog Buku Sulawesi Selatan

Menampilkan 1 - 16 dari 115
  • TARI PA'GELLU'

    Pa’gellu’ berasal dari bahsa Toraja yang diartikan sebagai menari dengan riang gembira sambil menggerakkan tangan dan badan bergoyang dengan gemulai. Konsep tarian ini adalah hiburan dan bersifat rekreatif, biasanya dilakukan untuk menyambut tamu terhormat.

  • PANGADERENG VOL. 2 NO. 1 JUNI 2016

    Jurnal Pangadereng Volume 2 Nomor  1, Juni  2016 ini memuat 11 (sebelas) tulisan dengan substansi ilmu sosial dan humaniora yang ditulis oleh Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Sorong, Dosen Fisipol Universitas Hasanuddin Makassar dan para peneliti BPNB Su

  • PANGADERENG VOLUME 3 NOMOR 1, JUNI 2017 

    Jurnal Pangadereng Volume 3 Nomor  1, Juni  2017 ini memuat 15 (lima belas) tulisan dengan substansi ilmu sosial dan humaniora. Adapun 15 (lima belas) tulisan yang tercantum didalam Jurnal Pangadereng ini meliputi :

  • WALASUJI (JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA) VOLUME 7 NOMOR 2 2016

    Jurnal walasuji edisi ketujuh volume 7 nomor 2, Desember 2016, memuat dua puluh tulisan dengan substansi sejarah dan budaya. Mahmud Tang, judul tulisan "Mekanisme Sekuritas Sosial pada Komunitas Nelayan di Pulau-Pulau Kecil dan Pesisir Pantai Sulawesi Selatan".

  • WALASUJI (JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA) VOLUME 8 NOMOR 1 JUNI 2017

    Jurnal Walasuji edisi kedelapan volume 8 nomor 1, Juni 2017, memuat lima belas tulisan dengan substansi sejarah dan budaya.

  • TRANSLITERASI DAN TERJEMAHAN NASKAH KUNO BUGIS AKBARUL QIAMATI

    Naskah kuno lontarak  “Akbarul Qiyamati” menurut kajian filologi adalah termasuk jenis sastra keagamaan yang lazim disebut sastra kitab.

  • WALASUJI VOLUME 6 NOMOR 2 DESEMBER 2015

    Jurnal Walasuji edisi keenam Volume 6 Nomor 2 Desember 2015 ini memuat 19 (sembilan belas) tulisan dengan substansi sejarah dan budaya. Penulis tersebut dari berbagai instansi.

  • MACCERA' TASI' SEBAGAI RITUL NELAYAN DI LUWU

    Upacara Maccera' Tasi' bukan sekedar ritual atau pesta rakyat, namun mengandung nilai-nilai yang masih perlu dipertahankan oleh masyarakat pendukungnya, khususnya bagi masyarakat nelayan.

  • AWAL KEBANGKITAN DAN KERUNTUHAN PELABUHAN PALLIME DI BONE

    Pallime pada awalnya hanya berupa daerah tepian yang memiliki potensi pengembangan kearah pelabuhan kapal laut. Pelabuhan Pallime berada di perairan Sungai Cenrana yang berhulu di Danau Tempe dan bermuara di Teluk Bone.

  • ISLAMISASI DI SINJAI

    Pada masa lalu, daerah yang kini menjadi Kabupaten Sinjai terdapat beberapa kerajaan yang cukup berpengaruh, khususnya kerajaan-kerajaan yang tergabung dalam federasi Tellu Limpoe (Kerajaan Tondong, Kerajaan Bulo-Bulo dan Kerajaan Lamatti).

  • CITRA ORANG MINAHASA DALAM SYAIR-SYAIR LAGU GAYA POP MINAHASA

    Lagu-lagu gaya pop Minahasa dalam arti ketat adalah lagu-lagu yang ditandai dengan kode-kode daerah, mulai dari penggunaan bahasa, pilihan, kata, nada, penggunaan instrumen dengan gaya musik karambangan disertai siulan pemusik.

  • RENCANA INDUK/MASTER PLAN PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN GUA-GUA PRASEJARAH DI KAWASAN KARST MAROS RAN

    RENCANA INDUK/MASTER PLAN PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN GUA-GUA PRASEJARAH DI KAWASAN KARST MAROS RANGKEP SULAWESI SELATAN SEBAGAI DESTINASI WISATA

  • PONGGAWA-SAWI LEMBAGA EKONOMI NELAYAN TRADISIONAL MAKASSAR

    PONGGAWA-SAWI LEMBAGA EKONOMI NELAYAN TRADISIONAL MAKASSAR

  • HUBUNGAN SOSIAL PASCA KONFLIK (KASUS: KELURAHAN SALASSA DAN DESA BAEBUNTA)

    HUBUNGAN SOSIAL PASCA KONFLIK (KASUS: KELURAHAN SALASSA DAN DESA BAEBUNTA)

  • HUBUNGAN KERAJAAN SUPPA DAN BONE

    Hubungan antara Kerajaan Suppa dan Kerajaan Bone sudah terjalin sejak masa pemerintahan raja Bone Arung Palakka Malampe Gemme’na (1671-1696). Hubungan itu terjadi dalam bentuk hubungan darah atau kekeluargaan dan hubungan politik.

  • NASIONALISME MASYARAKAT MANDAR SEJARAH KELASKARAN GAPRI 5.3.1 DI MANDAR TAHUN 1945-1949

    Perjuangan GAPRI 5.3.1 dilandasi oleh semangat perjuangan agama Islam dalam melawan praktik penindasan yang dilakukan oleh Belanda terhadap masyarakat Baruga khususnya dan Mandar pada umumnya.