Katalog Buku Papua Barat

Menampilkan 1 - 9 dari 9
  • PERANAN PEREMPUAN HATAM DALAM BEBERAPA ASPEK

    Bagi suku Arfak secara umum dan Hatam lebih khusus, seorang perempuan bagi mereka memiliki peranan yang cukup penting karena memiliki hak-hak yang biasanya bagi kebanyakan suku-suku lain di Papua hanya dimiliki oleh laki-laki.

  • PERUBAHAN SISTEM KEPEMIMPINAN "NA-KHOHOQ" ORANG TEHIT DI KABUPATEN SORONG SELATAN

    Setiap kebudayaan pastilah akan mengalami suatu perubahan baik secara cepat maupun lambat, disukai atau tidak disukai. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam suatu kebudayaan, khususnya dalam sistem kepemimpinan.

  • ASPEK BUDAYA ORANG ABUN DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN

    Orang Abun di masa sekarang ini masih tetap mempertahankan sistem pengetahuan lokal yang dimilikinya, walaupun telah adanya perubahan dalam berbagai aspek kehidupannya.

  • TATA KRAMA ORANG MOI DI KABUPATEN SORONG PROVINSI PAPUA BARAT

    Tata krama adalah tata cara atau aturan-aturan turun temurun yang berkembang dalam suatu budaya masyarakat yang mengatur pergaulan antar individu maupun kelompok untuk saling pengertian, hormat menghormati menurut adat yang berlaku.

  • ORANG TOBELO DI KAMPUNG LEMALAS (SEJARAH DAN PERAN ORANG TOBELO DI DISTRIK MISOOL TIMUR KABUPATEN RAJA AMPAT)

    Keberadaan orang Tobelo di Lemalas adalah sebuah proses panjang migrasi penduduk dari Maluku Utara ke Papua Barat, karena desakan pemenuhan kebutuhan ekonomi dan wabah penyakit yang menimpa kampung halaman, sesuatu yang menggembirakan karena tempat tujuan baru yang dituju oleh

  • SIREUW  BUSANA TRADISIONAL PEREMPUAN DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN (SUATU KAJIAN SEJARAH DAN BUDAYA)

    Sejarah manik-manik merupakan benda sehari-hari yang berkaitan dengan manusia sejak jaman prasejarah hingga kini yang bersifat universal, karena di berbagai kebudayaan seringkali temuan manik-manik yang berasosiasi dengan artefak atau ekofak ditemukan bersamaan dalam satu konte

  • PERKAWINAN ORANG MAIBRAT

    Maibrat adalah salah satu suku besar yang mendiami wilayah Kepala Burung. Mereka tinggal dan menempati daerah sekitar danau Ayamaru, tepatnya disebelah barat dan selatan danau tersebut.

  • TRADISI WALA ORANG MATBAT DI KAMPUNG TEMULOL DISTRIK MISOOL TIMUR KABUPATEN RAJA AMPAT

    Wala merupakan foklor berupa tradisi lisan berbentuk puisi yang turun temurun di wariskan dalam budaya orang Matbat. Secara garis besar wala terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu wala kehidupan dan wala kematian. Wala sebagai nyanyian kematian dituturkan.

  • TARIAN TUMBU TANAH  (TARI TRADISIONAL MASYARAKAT ARFAK DI PEGUNUNGAN ARFAK, PROVINSI PAPUA BARAT)

    Setiap suku bangsa yang ada di tanah Papua memiliki berbagai jenis tari tradisional, mulai tari perang, tari perdamaian, tari pemujaan, tari panen, tari pergaulan dan masih bnayak tari tradisi lainnya.