Pindang Gembung, kuliner Kalbar

Provinsi: 
Kalimantan Barat

Pindang Gembung, adalah kuliner khas Kalimantan Barat yang berbahan pokok dari ikan gembung yang banyak terdapat di Kalbar.

Kuliner kalbar

 

Bahan:

Bahan untuk membuat masakan ikan pindang gembung adalah sebagai berikut:

1. Bahan Pokok

Bahan pokok atau bahan utama masakan pindang gembung ini adalah ikan gembung. Ikan ii adalah ikan air asin atau lautan lepas pantai. Ikan ini banyak terdapat di daerah laut Satai, Laut Sungai Kakap, laut Sungai Pinyuh, Laut Jungkat, Laut Bakau Kecil dan Bakau Besar. Selain masak pindang, ikan gembung bisa pula disalai dan dimasak dengan asam pedas, digoreng, di acar dan selanjutnya sesuai dengan keinginan. Ikan gembung ada 2 jenis, yaitu gembung pisang dan gembung temenung. Ikan gembung pisang badannya agak besar dan warnanya agak kekuning-kuningan, sedangkan ikan gembung temenung badannya agak besar dan panjang dagingnya tidak seenak gembung pisang, perut ikan gembung pisang sering juga dibuat ibu-ibu sambal tumis dicampur dengan petai atau tomat dan rasanyapun enak.

2. Daun pisang, lidi kelapa, dan staples

3. Bumbu  

Bumbu adalah bahan untuk penyedap masakan, termasuk masakan ikan pindang gembung. Bumbu ikan pindang gembung ini masih diolah secara tradisional sebagai penyedap masakan bumbu-bumbu ini untuk menghilangkan rasa amis pada ikan gembung. Untuk memasak ikan pindang gembung bumbu-bumbu yang disiapkan untuk 1 kg ikan gembung sebagai bahan pokok dan bumbunya adalah sebagai berikut:

1. Saos tomat

2. Cabe segar (ditumbuk)

3. Kemiri

4. Serai

5. Jahe

6. Kunyit

7. Bawang Putih

8. Daun kunyit (diiris halus)

9. Vetsin secukupnya

10. Garam secukupnya

11. Miyak goreng

12. Bawang merah

13. Lengkuas

Cara mengolah bumbu: bawang merah diiris,  lengkuas dipotong 1 cm, kunyit 1 cm, serai siapkan 2 batang dan saos tomat sebanyak 3 sendok makan.

 

Cara mengolah:

1. Ikan gembung dibersihkan dbuang isi perutnya, insang dan siripnya dibuang hingga rapi.

2. Semua bumbu dihaluskan kecuali bawang merah dan kunyit.

3. Tumis semua bumbu dengan minyak goreng sebanyak 2 sendok makan

4. Ikan gembung 2 ekor diletakkan di dalam daun pisang, setelah itu dilumuri dengan bumbu yang sudah ditumis tadi, kemudian dibungkus dan disemit/diikat dengan lidi kelapa atau distaples.

5. Setelah selesai lalu dikukus di dalam panci hingga matang kira-kira 30 menit.

6. Angkat dan dinginkan, kemudian siap untuk dihidangkan.

 

Cara memasak: dimasak di atas api dengan menggunakan panci kukusan. Dengan cara dikukus, setelahikan dilumuri umbu-bumbu..kemudian dikukus sampai masak.

Cara penyajian:

Penyajian pindang gembung ini menggunaka pinggan atau piring datar denan ditaburi bawang goreng di bagian permukaan sehingga kelihatan menarik selera, hidangkan lauk-pauk yang lain atau sayur yang siap dimakan.

Cara mkan: Dimakan sebagai lauk, sebagai pelengkap makan nasi.

Fungsi (sehari-hari, pengobatan, upacara): sehari-hari

 

Sumber data: Asmara, U. Husna. 1997. “Aneka Resep Masakan Khas Kalbar”. Pontianak: Penerbit Romeo Grafika.

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati