WALASUJI (JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA) VOLUME 8 NOMOR 1 JUNI 2017

Pengarang: 

TIM PENULIS

Penerbit: 

BPNB SULAWESI SELATAN

Tahun Terbit: 

2017

Daerah/Wilayah: 
Sulawesi Selatan
Rak: 

JTM - 051 (050 - 059)

ISSN/ISBN: 

1907-3038

Jumlah Halaman: 
204

Jurnal Walasuji edisi kedelapan volume 8 nomor 1, Juni 2017, memuat lima belas tulisan dengan substansi sejarah dan budaya. Sritimuryati, judul tulisan "Ruyntuhnya Pengaruh Kekuasaan Kerajaan Luwu Pada Awal Abad Ke-20", bertujuan memberikan uraian tentang penetrasi politik kolonial Belanda pada awal abad ke-20 sekaligus menjadi latar gerakan perlawanan yang berkobar di Kerajaan Luwu hingga runtuhnya dinasti-dinasti kerajaan di Sulawesi Selatan. Abdul Hafid, judul penelitian "Aturan Adat dalam Tradisi "Sirempek Aji" di Desa Pongka Kecamatan Tellu SiattingE Kabupaten Bone", tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi sirempek api dan aturan-aturan adat dalam tradisi tersebut.  Darmawijaya, judul tulisan "Penjelasan Sejarah Atas Keluarnya Arung Palakka dari Barisan Sultan Hasanuddin Menjelang Perang Makassar", dari kajian memperlihatkan bahwa keluarnya Arung Palakka dari barisan Sultan Hasanuddin menjelang Perang Makassar adalah dipicu oleh implementasi kebijakan Sultan Hasanuddin dalam memmpekerjakan Bugis Bone dalam menggali parit sudah di luar batas kemanusiaan. Iriani, judul tulisan "Aktivitas Nelayan di Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar", penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas nelayan di Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah. Sahajuddin, judul tulisan "Berakhirnya Persekutuan Belanda dengan Kerajaan Bone Abad XIX", penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peristiwa terjadinya perubahan pemerintahan dari Gubernur Makassar menjadi Gubernur Celebes dan daerah taklukannya. 
Abdul Rahman, judul tulisan "Religuisitas dan Perilaku Ekonomi Pada Masyarakat Petani di Desa Duampanue, Sinjai", dalam kehidupan masyarakat petani di Desa Duampanuae, keterkaitan antara keyakinan religius dan perilaku ekonomi merupakan hal yang tidak terpisahkan. Simon Sirua Sarapang, judul tulisan "Pendudukan Jepangdi Poleang Timur Sulawesi Tenggara (1942-1945)", artikel ini mengkaji tentang pendudukan Jepang di Poleang Timur 1942-1945. Abdul Asis, judul tulisan "Dampak Sosial Budaya Revitalisasi Desa Adat Tongkonan Siguntu' dan Tongkonan Langkanae di Kabupaten Toraja Utara". Rahayu Salam, judul tulisan "Kearifan Lokal Masyarakat Adat dalam Pengelolaan Hutan di Pulau Wangi-Wangi". M. Thamrin Mattulada, judul tulisan "Sejarah Perekat Perbedaan (Transmigran Orang Bali di Kabupaten Mamuju)". 
Masgaba, judul tulisan "Sekuritas Sosial pada Komunitas Nelayan Desa Mola Nelayan Bakti Kecamatan Wangiwangi Selatan Wakatobi". Syamsul Bahri, judul tulisan "Modal Sosial Orang Bajo di Bajoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan". Fatmawati P, judul tulisan "Sekuritas Sosial Petani Padi Sawah Kecamatan Tapango Kabupaten Polman Sulawesi Barat". Sritimuryati, judul tulisan "Pelabuhan Palipi di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene". Rahayu Salam, judul tulisan "Pertunjukan Tarian Pepe-Pepeka Ri makka".